Kamis, 06 Juni 2013

Cara Menghilangkan Stres

Semua orang bisa mengalami stres, mulai dari masalah pekerjaan atau masalah pribadi. Stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terkena berbagai macam penyakit.
Menghilangkan stres sebenarnya tak membutuhkan waktu atau biaya yang banyak. Anda bisa kok Menghilangkan stres . Mau tahu caranya? Ini dia, seperti dilansir oleh Huffington Post
1. Nikmati cemilan sehat
Menikmati cemilan sehat tidak sama dengan sekedar ngemil. Pertama, pilih dulu cemilan sehat seperti buah-buahan. Fokuskan pikiran Anda pada cemilan yang sedang dikonsumsi. Perhatikan tekstur dan hayati rasa cemilan yang sedang Anda makan. Jangan terganggu dengan komputer, telepon genggam, atau bahkan bicara dengan teman. Anda juga bisa mencoba mengonsumsi sedikit cokelat gelap yang bisa membantu menurunkan tingkat hormon kortisol penyebab stres. untuk minuman, ada baiknya Anda mengonsumsi teh hitam, yang bisa membantu menurunkan hormon kortisol dengan lebih cepat.
2. Berjalan-jalan sebentar
Bahkan jika Anda hidup di daerah perkotaan yang ramai, jalan-jalan santai sendirian bisa membantu menyegarkan pikiran. Tinggalkan semua beban pikiran Anda di rumah, lalu cobalah untuk membersihkan pikiran Anda dengan berjalan beberapa menit. Bukalah pikiran, dengan begitu Anda bisa menemukan jalan keluar untuk permasalahan yang Anda alami.
3. Lakukan yoga
Ketika Anda merasa lelah dengan semua masalah di kantor maupun di rumah, luangkan waktu barang lima menit saja untuk melakukan pose 'membuka hati'. Terdapat beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian pundak dan dada untuk melepaskan beban fisik dan mental. Postur ini bisa membantu melepaskan tekanan emosional serta menghilangkan efek negatif karena duduk terlalu lama.
4. Bayangkan tempat yang menenangkan
Cobalah untuk membayangkan hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan dalam pikiran Anda. Ini akan membantu Anda merasa tenang. Temukan tempat yang tenang di mana Anda bisa duduk dan menenangkan pikiran. Anda bisa membayangkan laut yang tenang, air terjun, taman yang indah, atau hal lainnya. Gunakan lima menit untuk merasakan sensasinya jika Anda berada di tempat itu.
5. Bicara dengan teman
Saat ini tampaknya mengirim pesan singkat atau menggunakan aplikasi chatting adalah hal yang biasa dilakukan untuk ngobrol. Tapi cobalah untuk menelepon teman Anda. Berbicara dengan orang yang Anda sayangi bisa membantu tubuh memberikan respon positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar